Rabu, 17 Februari 2010

Asal - Usul Zodiak

Entah kenapa saya tiba - tiba berniat membuat artikel tentang asal - usul dari zodiak ... Idenya muncul tiba - tiba di jam kosong saat menunggu kedatangan dosen ^______^

Ini dia dua belas zodiak yang masih terus awet hingga saat ini .... 


aRies
Zodiak ini merupakan zodiak yang paling pertama ditemukan. Zodiak ini dilambangkan dengan domba jantan yang dipercaya merupakan jelmaan dari dewa Mesir Kuno. Domba ini memiliki tanduk emas.

tauRus
Zodiak ini dilambangkan dengan banteng jantan. Banteng jantan ini merupakan hewan yang dipercaya sebagai penjelmaan dewa Zeus dalam mitologi Yunani. Dewa Zeus dianggap dapat mengubah - ubah dirinya. Kata Taurus itu sendiri berasal dari nama binatang aldebaran atau apha tauri yang berarti binatang yang sangat cemerlang.

gemini
Zodiak ini dilambangkan sebagai sepasang anak kembar. Cerita mengenai zodiak ini beraneka ragam versinya. Menurut astrologi Mesir, zodiak ini dilambangkan sebagai sepasang kambing kembar. Mesir, dilambangkan sebagai sepasang ayam jago kembar. Kekembaran ini dihubungkan dengan si kembar Romulus dan Remus, pendiri kota Roma. Zodiak ini dipercaya berada di bawah naungan dua dewa, yaitu Castor dan Polux atau Alpha dan Betageminorum. Nama geminorum itulah kemudian menjadi zodiak Gemini.


Cancer
Zodiak ini dilambangkan dengan seekor kepiting. Binatang ini melambangkan seekor makhluk yang sangat keras, sebab ia harus berjuang mempertahankan hidupnya. Menurut kepercayaan Yunani, kepiting ada hubungannya dengan dewa Hercules. Kepiting pernah menjepit Hercules sewaktu dewa ini berantem dengan Hera, salah satu istri Zeus. Kepiting jelas kalah melawan Hercules. Tetapi Hera merasa sudah dibantu, dia berterima kasih padanya dengan cara menempatkan bintang itu di langit sebagai salah satu rasi bintang.

leo
Singa adalah lambang zodiak kelima. Binatang buas dan ganas ini dihubungkan dengan nemean, seekor singa yang berhasil ditaklukkan Hercules. Zodiak Leo ini, konon dilindungi oleh dewa Reregulus atau Alpha Leonis. Dari kata Leonis itulah sebutan Leo bermula.

virgo
Virgo dilambangkan dalam wujud dewi yang menjadi seorang pelayan. Dewi ini berambut emas, berjubah putih klasik, dan membawa seikat gandum. Menurut kepercayaan Babilonia Kuno, dewi ini diyakini sebagai dewi kesuburan. Virgo berasal dari kata virgin yang artinya gadis perawan.

libra
Libra sama dengan dewi keadilan. Zodiak ini dilambangkan dengan seorang wanita yang sedang memegang timbangan emas. Kata Libra berasal dari bahasa Romawi Kuno yang dipakai sebagai ukuran berat.

scorpio
Zodiak ini dilambangkan dengan kalajengking berkaki delapan. Scorpio berada dibawah naungan dewa Alpha Scorpii.

sagitarius
Sagitarius masuk ke dalam urutan rasi bintang ke sembilan. Dia dilambangkan dengan manusia. Pada mitologi Yunani, mahluk seperti ini ada yang jahat dan ada yang baik. Mahluk yang baik mau menolong mahluk lain, sedangkan yang jahat suka menculik wanita.

capricon
Zodiak kesepuluh ini dilambangkan dalam sosok kambing jantan berjanggut, kadang - kadang bisa juga memiliki ekor.


aquarius
Rasi bintang yang satu ini adalah zodiak yang ke sebelas. Zodiak ini sangat erat hubungannya dengan air. Lambangnya pun menggambarkan seorang manusia yang sedang menuangkan air dari sungai.

pisces
Pisces adalah zodiak terakhir. Zodiak ini digambarkan dengan dua ekor ikan yang berenang berlawanan arah. Ikan pertama melawan arus dan ikan yang lainnya mengikuti arus.


Pengennya siech masukin gambar setiap zodiak tapi karena internetnya agak ngadat (ini bukan alasan loh) jadinya ga jadi dimasukin. Mohon maaf ya ^______^

0 comments: