Kamis, 03 September 2009

Lupa Ingatan dan Sulit Konsentrasi

Ny ada tugas baru .... tutorial pertama Fakultas Kedokteran UNHAS untuk Modul Kesulitan Belajar .... Aku post di blog - quwwwww >.<


Lupa Ingatan

Penyakit lupa dapat diakibatkan karena mengkonsumsi kepala ikan dan organ dalam binatang. Mungkin saja, dua makanan tadi mengandung banyak sekali lemak jenuh yang tidak baik buat kesehatan. mengkonsumsi Ginko Biloba, yang terbukti dapat membantu memperkuat daya ingat. Sekarang pun banyak multivitamin yang mengandung zat ini, sehingga kamu bisa mudah dapatkan di apotek dan warung terdekat. Pada dasarnya terjadinya lupa disebabkan oleh tiga hal… yaitu :
1. Hal-hal yang baru mengganggu hal-hal yang lama pada ingatan kita
2. Hal-hal yang lama mengganggu hal-hal yang baru pada ingatan kita
3. Menumpuknya hal-hal yang lama atau hal-hal yang baru, yang sangat dominan pada ingatan kita.

Yang dimaksud hal-hal yang baru mengganggu hal-hal yang lama adalah, ketika kita dihadapkan pada situasi yang sulit, yang disebabkan oleh hal-hal baru sehingga kita menghadapi kesulitan dalam mengingat hal-hal yang lama. Ini dikarenakan hal-hal baru tersebut sangat dominan dan mempengaruhi daya ingat kita.
Yang dimaksud hal-hal yang lama mengganggu hal-hal yang baru adalah, ketika kita dihadapkan pada situasi yang sulit, yang disebabkan oleh hal-hal lama sehingga kita menghadapi kesulitan dalam mengingat hal-hal yang baru. Ini dikarenakan hal-hal lama tersebut sangat dominan dan mempengaruhi daya ingat kita.
Yang dimaksud dengan penumpukan hal-hal lama atau hal-hal baru yang sangat dominan adalah ketika kita dihadapkan pada situasi yang sulit, yang disebabkan oleh hal-hal lama dan hal-hal baru sehingga mengganggu daya ingat kita. Ini dikarenakan menumpuknya persoalan/hal-hal baru dan persoalan/hal-hal lama yang mempengaruhi daya ingat kita.


Sulit Konsentrasi


Disebabkan oleh jarang tidur, stress yang berlebihan, lingkungan ramai, emosional, Stress dan amarah dapat mengurangi cadangan antioksidan dalam tubuh sehingga sel otak akan sulit menghadapi begitu banyak radikal bebas yang terjadi di tubuh yang berakibat sel otak akan cepat mengalami penuaan. Perhatian yang baik (disertai asosiasi dan visualisasi objek), istrahat yang cukup / relaks, gizi yang baik, lingkungan yang bersih dan pengendalian stress dan amarah yang baik merupakan kunci penting mendapatkan daya ingat yang baik. Relaksasi terutama dengan olahraga seperti berenang dan jalan kaki sangat membantu memperbaiki daya ingat. Daya ingat ini sering menurun seiring bertambahnya umur secara perlahan juga dapat oleh karena penyakit tertentu seperti Alzeimer’s disease secara drastis. Selain itu juga karena faktor yang dominan adalah rangsangan otak yang kurang baik. Dari penelitian diketahui bahwa semakin baik suatu rangsangan maka lapisan otak luar akan semakin besar dengan sel otak yang lebih besar dan sehat. Oleh sebab otak senantiasa harus dirangsang secara aktif dan dianjurkan hidup dalam lingkungan yang kaya dengan warna, bau, bunyi, dan pemandangan. Selain itu juga dapat menurun oleh faktor lain seperti : obat-obatan, alkhol, merokok, dan kafein. Khusus dalam hal diet menurut pada ahli bahwa kecukupan nutrisi merupakan dasar penting untuk meningkatkan proses mencatat, menahan dan mengingatkan proses mencatat, menahan dan mengingatkan informasi. Nutrisi yang esensial meliputi :
• Antioksidan (beta caroten, vitamin C, E, Selenium dan Seng) yang banyak terdapat di sayur, buah dan kacang.
• Protein terutama dari kacang, palawija.
• Karbohidrat terutama dari palawija.
• Lecithin yang dibuat dari coline yang banyak terdapat di kedelai dan telur. Sejalan dengan pertumbuhan umur kyang akan terjadi penurunan kadar coline kyang penting untuk membuat otak agar tetap aktif. Suplai coline yang cukup penting untuk menghasilkan acetylcoline yang merupakan cairan kimia otak yang penting untuk proses daya ingat. Penelitian menunjukan pada subjek yang mendapat 10gr coline dapat mengingat kembali daftar kata-kata dengan lebih cepat dan pada penderita Alzeheimer’s disease juga didapati adanya peningkatan berarti.
• Vitamin B1, adam folat, vitamin B12 yang banyak di sayuran dan buah.
• Zat besi untuk pembentukan sel darah merah yang penting untuk mengangkut nutrisi dan oksigen yang banyak terdapat di sayur hijau. Dalam memakan makanan yang bersamaan dengan zat yang menghambat obsorbsinya seperti : phypate (dedak, sekam, sereal utuh) dan tanin (teh, kopi dan anggur merah). Dianjurkan memakan bersama makanan yang kaya dengan vitamin C seperti buah.
• Yodium, mangan.
• Air : juga penting untuk meningkatkan daya ingat dan dehidrasi (kekurangan air) akan menyebabkan gangguan proses pikir. Juga penting diperhatikan agar tidak memakan secara berlebihan sebelum memulai proses berpikir.

Istrahat yang cukup sangat diperlukan dimana saat tertidur daya ingat akan diperbaiki. Itulah sebabnya mengapa tiba-tiba saat bangun kita menemukan jawaban untuk masalah yang dikhawatirkan sepanjang hari sebelumnya. Pada orang yang insomnia (ketidakmampuan untuk tidur) tidak hanya kehilangan periode konsilidasi daya ingat tapi juga mempengaruhi proses belajar waktu terjaga dan sulit memberikan perhatian atau mencatat informasi. Kekurangan suplay darah ke otak dapat diakibatkan penymbatan dan pengerasan pembuluh darah di otak sehingga terjadi ”insufisiensi cerebral” dengan gejala pusing, kehilangan daya ingat dan gangguan intelegensia saat ini dapat diatasi dengan berbagaiobat dipasasaran seperti : Hydergin, Lglutamin, otacosnol dan yang akhir akhir ini cukup populer yakni Ekstrak Ginkgo yang selain mempunyai efek antioksidan juga dapat memperbaiki otak dengan berbagai fungsi seperti melancarkan pembuluh darah hingga yang paling sempit, memulihkan reseptor diotak, meningkatkan serotonin yang menurun akibat proses penuaan. Dalam hal ini bila kehilangan memori cukup parah mungkin dapat dicoba dengan dosis 120 mg dalam jangka panjang yang efeknya baru telihat setelah 4-6 minggu. Efek samping pemakaian beberapa obat di bawah ini yang tidak terkontrol dan terus-menerus akan mempengaruhi daya ingat seperti:
• Benzodiazepin (termasuk diazepan / balium dan lorazepan / ativan ) untuk memudahkan tidur dan mengurangi kecemasan.
• Obat pelemas otot, penenang, obat anti alergi seperti pada obat fulu.
• Obat jantung seperti : propanolol, methyldopa. Ingatlah bahwa diet bukanlah satu-satunya faktor saja yang patut diperhatikan tetapi dengan diet yang baik (vegetarian) merupakan landasan penting untuk membuat otak senantiasa awet dan dapat berfungsi baik.

2 comments:

be a positive thinker!!! mengatakan...

visit 2 my blog... :D

Rama Sejati mengatakan...

Info yang bagus !

Barangkali informasi mengenai "Sulit Konsentrasi dalam Belajar" berikut, juga berguna bagi rekan rekan yang memerlukannya. Klik > Sulit Konsentrasi dalam Belajar ?