Rabu, 08 Mei 2013

Tips Berlibur Seorang Diri




Pernahkah kamu ingin pergi ke suatu tempat atau ingin melakukan sesuatu tetapi tidak ada seseorang yang bisa diajak? Nah, di bawah ini ada tiga tips yang bisa digunakan untuk kamu yang ingin sekali berangkat ke suatu tempat dalam rangka berlibur seorang diri.

1. JANGAN MALAS
Pertama , yang harus kamu lakukan adalah melakukan penelitian mengenai tempat yang akan kamu tuju. Misalnya, kamu ingin pergi ke Palembang dari Jogjakarta. Kamu harus tahu bahwa tidak ada kereta yang bisa membawa kamu ke Palembang dari Jogjakarta. Ada pilihan lain, misalnya naik bus, atau langsung terbang naik pesawat. Kalau kamu tidak melakukan penelitian dulu, tidak akan tahu mengenai jalur transportasi alternatif. Selain itu, kamu perlu mengetahui seberapa besar pengeluaran terminim yang bisa kamu keluarkan selama berlibur.

2. JANGAN TAKUT
Kedua, jangan takut untuk berlibur sendirian. Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru. Berlibur sendirian memang membutuhkan banyak keberanian di dalam diri, terutama kalau kamu berencana untuk pergi ke tempat-tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Misalnya, kamu selama ini dilarang naik bus sama mama karena di bus banyak pencopet atau terserah apa istilahnya. Beranikan diri kamu untuk sekali-kali naik bus untuk mencapai daerah tujuan kamu. Kalau kamu sudah melakukan langkah pertama (Jangan Malas) maka seharusnya kamu tidak perlu takut. Hal ini dikarenakan kamu sudah tahu harus naik apa, bayar berapa, bagaimana cara pulang, dan sebagainya.

3. JANGAN MALU
Ketiga, tidak malu-malu adalah modal utama seorang petualang. Tidak perlu malu bertanya ke orang lain bila merasa diri nyasar. Dalam suatu kasus, misalnya kamu memutuskan untuk mendaki gunung Bromo sendirian dan hilang arah ketika mau turun dari Bromo sedangkan matahari sudah mulai tenggelam. Jangan malu untuk numpang menginap di rumah warga setempat. Mereka pasti sering kedatangan orang-orang nyasar seperti kamu. Kalau mereka bersedia menampung kamu sampai pagi, jangan lupa ucapkan terimakasih, dan kalau kamu lagi ada duit atau makanan lebih, bisa dikasih ke yang punya rumah setelah kamu dipersilakan menginap di sana.

Selamat berlibur!

0 comments: