Minggu, 31 Januari 2010

Bunuh Diri Itu ....


Akhir - akhir ini sering terdengar kabar seseorang yang bunuh diri entah dengan berbagai macam alasan. Sesungguhnya bunuh diri (dalam bahasa Inggris disebut suicide; dalam budaya Jepang dikenal istilah harakiri) adalah tindakan mengakhiri hidup sendiri tanpa bantuan aktif orang lain. Alasan atau motif bunuh diri bermacam - macam, namun biasanya didasari oleh rasa bersalah yang sangat besar. Pada umumnya rasa bersalah ini timbul karena merasa gagal untuk mencapai sesuatu harapan.




Motif bunuh diri bisa bermacam - macam juga.Motif bunuh diri yang paling populer berdasarkan data dari seluruh dunia, yaitu :
  1. Dilanda keputusasaan dan depresi
  2. Cobaan hidup dan tekanan lingkungan.
  3. Gangguan kejiwaan atau tidak waras (gila).
  4. Himpitan ekonomi atau kemiskinan (harta atau iman atau ilmu)
  5. Penderitaan karena penyakit yang berkepanjangan.
Dalam ilmu sosiologi, ada tiga penyebab bunuh diri dalam masyarakat, yaitu
  1. egoistic suicide (bunuh diri karena urusan pribadi),
  2. altruistic suicide (bunuh diri untuk memperjuangkan orang lain), dan
  3. anomic suicide (bunuh diri karena masyarakat dalam kondisi kebingungan).



Bunuh diri adalah perbuatan menghentikan hidup sendiri yang dilakukan oleh individu itu sendiri atau atas permintaannya.
Betapapun kebudayaan dan pola pikir manusia, memberikan berbagai alasan dan definisi maksud yang berbeda-beda tentang bunuh diri ini. Namun, tetap saja pada intinya adalah "keputusasaan".

Sebab orang yang tidak berputus asa dan bersedia tetap menjalani kehidupan seberat dan seburuk apapun, maka ia tidak akan pernah melakukan kegiatan bunuh diri ini. Sebab ia sadar, bahwa hidup ini memang penuh cobaan-cobaan berat dan pahit, jadi bunuh diri baginya hanyalah tindakan sia - sia dan pengecut. Sebab masih banyak hal-hal yang bisa dilakukan dalam hidup ini, dan segala sesuatu pastilah ada batasnya. Sebab betapapun beratnya persoalan, tetap saja ia memiliki batas akhir (penyelesaian), walaupun permasalahan itu harus selesai oleh waktu, tapi ia selesai juga.



Di bawah ini ada beberapa fakta seputar bunuh diri ....

1. Di Amerika, cowok yang bunuh diri jumlahnya empat kali lipat dari cewek. Bahkan 78 persen kasus bunuh diri yang terjadi di negara Paman Sam dilakukan oleh cowok. Apa mungkin karena cewek itu lebih tabah dalam menghadapi masalah ya ....
2. Tapi, berdasarkan penelitian yang sama di Amerika, cewek justru lebih sering melakukan percobaan bunuh diri dibanding cowok. Biasanya dengan cara menyilet tangannya sendiri. Kalau begini siech berarti ceweknya yang kurang ahli .... :p
3. Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa di Amerika, cara bunuh diri yang paling banyak digunakan adalah dengan menembak diri sendiri (untuk cowok), dan minum racun (untuk cewek). Hmmmm .... Jangan ditiru ya >.<
4. Sedangkan data bunuh diri dari seluruh dunia membuktikan bahwa cara “favorit” untuk bunuh diri adalah gantung diri.
5. Tingkat bunuh diri di negara maju jauh lebih tinggi dibanding negara miskin dan negara berkembang.
6. Orang yang udah menikah lebih jarang melakukan bunuh diri dibanding orang - orang yang singel, bercerai, atau janda / duda. Stress karena kehidupan rumah tangga 0.0
7. Jaman dulu, orang-orang lebih “kreatif” mencari cara untuk bunuh diri, diantaranya dengan menelan laba - laba beracun, menusukkan besi panas ke tenggorokan, menyuntikkan selai kacang ke urat nadi, dan menjatuhkan diri ke atas tumpukan botol bir. Idiiihhhhh X(
8. Golden Gate Bridge di San Fransisco, Beachy Head di Inggris, dan hutan Aokigahara di Jepang, adalah tempat yang paling sering jadi lokasi bunuh diri. Orang Jepang bahkan menjuluki hutan Aokigahara sebagai Hutan Bunuh Diri.
9. Jepang adalah negara dengan tingkat bunuh diri terbanyak, yaitu seratus orang perhari. Untuk menghentikan fenomena ini, setiap keluarga yang anggotanya mati bunuh diri, dikenakan denda sebesar 100 juta Yen.
10. Bunuh diri paling banyak dilakukan hari Senin, dan paling jarang terjadi hari Sabtu.

Hmmm ... Apapun alasan untuk bunuh diri, semuanya tidak dapat diterima karena kita harus menghargai kehidupan itu sendiri .... Sebagai rekomendasi, nonton dech film SAW jika kamu masih pengen melakukan bunuh diri :p
 
 ...
SAW yang saya tampilkan di sini adalah SAW III. Sampai saat ini sudah ada enam seri SAW yang muncul di pasaran. Film ini memiliki hikmah tersendiri di mana setiap orang di film itu pasti berusaha menyelamatkan diri dari kematian yang menghampirinya. Jadi, hargailah kehidupan yang ada sekarang !!! :)

sumber: http://anythingusearch.blogspot.com/2010/01/b-unuh-diri-yang-bahasa-kerennya.html

2 comments:

Biondy mengatakan...

10. Bunuh diri paling banyak dilakukan hari Senin, dan paling jarang terjadi hari Sabtu.

understandable

9. Jepang adalah negara dengan tingkat bunuh diri terbanyak, yaitu seratus orang perhari. Untuk menghentikan fenomena ini, setiap keluarga yang anggotanya mati bunuh diri, dikenakan denda sebesar 100 juta Yen.

ckckck..sudah jatuh tertimpa tangga pula :(

Meyke Liechandra mengatakan...

Hahahaha :) Sepertinya memang seperti itulah yang terjadi :p